A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

BIANG INOVASI

Whats Hot

Posted: Nov, 05th 2015

Spoonplus, Sederhana tapi Mengena

Di Korea, tradisi kuliner menciptakan kebiasaan menyantap hidangan dengan satu set alat makan berupa sendok dan sumpit. Alat ini lazim dinamakan Sujeo, yang berasal dari kata sutgarak (sendok) dan jeotgarak (sumpit). Uniknya, saat menyantap hidangan, sendok dan sumpit ini ternyata tidak digunakan secara bersamaan dan tidak dipegang dengan dua tangan. Ketika tidak dipakai, salah satunya harus diletakkan di atas meja.



Mungkin tradisi inilah yang menginspirasi seorang desainer produk asal Paris bernama Aissa Logerot untuk menciptakan Spoonplus. Spoonplus adalah sebuah inovasi alat makan sederhana yang menggabungkan fungsi sendok sup dengan sumpit, persis seperti fungsi Sujeo. Hanya dengan menggantikan gagang sendok dengan sepasang sumpit yang bisa dilepas, Aissa telah menghadirkan alat makan yang praktis dan cukup dibutuhkan oleh pangsa pasar Asia, khususnya Korea. Masih ada lagi, bagian belakang sumpit juga bisa dibuka untuk memunculkan “tusuk gigi rahasia” yang bisa digunakan setelah makan.  



Tidak ada yang luar biasa dari desain Spoonplus ini, tapi justru ide sederhana inilah yang membuat karya Aissa Logerot terlihat mahal. Aissa bekerja sama dengan rekannya Amandine Chhor dalam membuat desain ini. Keduanya lulus dari ENSCI Les Ateliers pada tahun 2009 dan menimba pengalaman dengan bekerja di agency design dan galeri-galeri seni terkemuka.

Amanda dan Aissa telah berkolaborasi dalam berbagai karya desain kontemporer dalam bidang kerajian di berbagai negara sebelum akhirnya mendirikan studio desain sendiri di Paris pada tahun 2013. Selain peralatan makan, keduanya mencoba fokus pada desain produk furniture dan alat-alat rumah tangga yang digunakan sehari-hari. Misi utama mereka adalah menyelaraskan fungsi, daya tahan dan bentuk pada objek yang mereka rancang. Tidak salah jika akhirnya penghargaan VIA 2015 untuk produk Trame Chair dari Petite Friture berhasil mereka raih.



Spoonplus adalah salah satu bukti bahwa karya dan inovasi yang baik tidak berarti harus canggih dan mahal. Boleh sederhana, asalkan hasilnya mengena. Bagaimana dengan Anda, punya ide cemerlang yang lain?

Source : www.yankodesign.com , www.ac-al.com