A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

BIANG INOVASI

Whats Hot

Posted: Aug, 25th 2015

Startup Asia yang Mengguncang Dunia



Sejumlah rintisan awal digital (startup) Asia tidak hanya populer di Asia, namun juga dikenal luas di seluruh dunia. Dan Alibaba berada di peringkat teratas dalam daftar tersebut. Selain Alibaba, siapa sajakah mereka?

1. Alibaba



Ketika masuk Bursa Efek New York pada September 2014 Alibaba menjadi perusahaan dengan IPO terbesar dalam sejarah yaitu senilai $150 miliar. Tak heran jika Jack Ma, sang pendiri dan CEO Alibaba dinyatakan sebagai orang terkaya di Tiongkok dengan kekayaan mencapai $25 miliar. Sebagai platform e-commerce B2B (business to business), Alibaba berhasil menjadi wadah bagi pedagang di Tiongkok dan juga Asia yang ekonominya sedang meraksasa untuk terhubung dengan pasar di seluruh dunia, dan sebaliknya.

2. LINE



Layanan pesan instan yang kini dipakai oleh sekitar 500 juta orang di seluruh dunia ini awalnya didirikan akibat terjadinya gempa bumi dan tsunami di Jepang pada 2011. Ketika itu komunikasi hanya bisa dilakukan melalui internet yang menginspirasi NHN Corporation cabang Jepang membuat sebuah pesan instan yang bisa juga melakukan panggilan telepon. NHN Corporation adalah perusahaan asal Korea Selatan. LINE menyediakan berbagai layanan dalam satu platform pesan instan: game, kamera, video call, hingga social media. Salah satu keunikan yang membuatnya populer adalah sticker, yaitu emoticon lucu seperti tokoh animasi.

3. Camera360 Ultimate



Saking populernya aplikasi ini sering dijadikan bahan ejekan kalau ada orang yang foto dirinya bagus, "Pasti hasil editan Camera360." Ya, aplikasi buatan Pingguo Inc. ini dipakai oleh 400 juta orang di seluruh dunia! Pingguo yang berbasis di Chengdu, Tiongkok membuat strategi yang berbeda dalam editing foto di handphone. Jika aplikasi edit foto lain mengedit dari foto yang sudah jadi, maka Camera360 Ultimate menghadirkan efek kamera sebelum kita menjepret obyek.

4. Zomato



Zomato adalah situs pencarian restoran yang menyediakan informasi untuk makan di luar, pesan bawa pulang, kafe, dan nightlife untuk kota-kota besar di berbagai negara, termasuk Indonesia. Zomato didirikan oleh Deepinder Goyal dan Pankaj Chaddah dari India pada Juli 2008, awalnya bernama Foodiebay yang kemudian berubah nama menjadi Zomato pada 14 November 2010. Mereka mendirikan Zomato secara tidak sengaja saat ingin membantu rekan-rekan kerjanya memilih pesanan untuk makan siang di antara brosur-brosur menu yang bertebaran di kantor.

5. GrabTaxi



GrabTaxi dari Malaysia adalah pahlawan startup dari Asia Tenggara. Jutaan orang menggunakannya dan menjadi pemimpin pemesanan taksi secara online di Asia Tenggara. GrabTaxi didirikan oleh Anthony Tan setelah temannya ditipu oleh sopir taksi. Karenanya, GrabTaxi menawarkan taksi yang keamanannya terjamin. Kekuatan GrabTaxi terletak pada harga yang bersaing, yang merupakan hal sensitif di pasar Asia.

Source: www.techinasia.com