A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

BIANG INOVASI

Whats Hot

Posted: Apr, 02nd 2015

Teknologi LCD Tanpa Batasan Bentuk

Coba ingat-ingat lagi, sudah berapa belas tahun Anda menyaksikan acara TV dari layar yang berbentuk persegi panjang. Memang, setiap tahunnya inovasi teknologi telah membuat TV semakin canggih. Bentuknya semakin tipis, layarnya semakin lebar bahkan ada yang berbentuk curve atau sedikit melengkung, namun lagi-lagi visual yang disajikan masih dalam frame berbentuk persegi panjang.

Tidak ada yang salah dengan persegi panjang, namun bukan inovasi namanya kalau hanya diam tanpa ada perubahan. Inilah yang dilakukan oleh Sharp baru-baru ini, perusahaan ini mengumumkan akan memproduksi sebuah layar LCD canggih dengan format “Free Form Display”. Dengan teknologi ini, LCD tidak lagi punya batasan bentuk seperti sekarang ini. Bayangkan, nantinya akan banyak TV atau smartphone dengan layar berbentuk lingkaran atau segitiga. Mungkin aneh jika dibayangkan saat ini, tapi siapa tahu nantinya malah jadi tren?

Pada ajang Consumer Electronics Show (CES) 2015 yang lalu, prototype “Free Form Display” ini dipamerkan ke publik untuk pertama kalinya. Layar LCD buatan Sharp ini menggunakan teknologi IGZO yang memungkinkan layar dibentuk sesuai keinginan tanpa mengganggu kualitasnya. Teknologi ini juga dilengkapi perlindungan bezel ultra-thin dan menghemat energi hingga 80-90% dibandingkan layar LCD biasa.

Hadirnya teknologi “Free Form Display” ini langsung disambut baik oleh Nintendo. Produsen video game inovatif ini dikabarkan langsung berminat memesan layar ini untuk diaplikasikan ke perangkat gaming terbarunya. Kerjasama Nintendo dan Sharp sendiri sudah berlangsung lama sejak Nintendo memperkenalkan layar 3D untuk Nintendo 3DS pertamanya di tahun 2011. Beredar rumor bahwa Nintendo akan membuat console game dengan bentuk donat yang punya lubang di bagian tengahnya. Sebuah desain futuristik yang hanya mungkin terjadi dengan “bantuan” teknologi “Free Form Display” milik Sharp.

Saat diaplikasikan nanti, inovasi layar ini tentunya tidak terbatas pada perangkat game atau hiburan saja. Seperti demo yang ditampilkan pada CES 2015, “Free Form Display” LCD ini bisa digunakan untuk industri otomotif, khususnya untuk meng-upgrade tampilan panel dashboard mobil jadi lebih futuristik, persis di film-film mobil bertema masa depan.

Kira-kira platform apalagi yang bisa memanfaatkan teknologi layar ini ya?

 

 

Source : www.thetanooki.com,  www.sweclockers.com