A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

BIANG INOVASI

Whats Hot

Posted: Jan, 15th 2015

Teknologi Nano untuk hasil yang Makro

Tidak usah pusing dulu, kita awali dengan pengertian bahwa “nano” berasal dari kata Nanos (bahasa Yunani) yang berarti satu per satu miliar. Maka nanotechnology adalah teknologi yang melibatkan material yang ukurannya sampai 100.000 x lebih kecil dari diameter sehelai rambut manusia. Jangan dirisaukan seberapa kecil ukurannya, yang pasti teknologi superkecil ini justru punya potensi yang sangat besar untuk menyelesaikan beragam masalah manusia. Dengan menciptakan zat dengan ukuran nanometer, sifat dan fungsi zat tersebut bisa diubah sesuai dengan yang kita inginkan.

Cabang teknologi yang satu ini memang sedang banyak dikembangkan oleh negara-negara maju di dunia seperti Amerika, Jepang dan Australia. Beberapa negara di Asia seperti Singapura, Cina dan Korea juga tidak mau kalah dalam revolusi teknologi nano ini. Peralatan yang digunakan untuk teknologi ini juga tergolong cukup rumit dan mutakhir, diantaranya : High Preasure Homogenizer, Ultra Fine Grinder, Nano Milling, Planetary Ball Milling, Transmision Electron Microscope (TEM),Scanning Electron Microscope (SEM), Particle Size Analyzer dan X-Ray Diffractometer.

Di Indonesia sendiri, teknologi ini sudah banyak dikembangkan, salah satunya untuk industri pangan dan pertanian. Dalam dua tahun terakhir ini, laboratorium nanoteknologi Badan Litbang Pertanian yang berpusat di Bogor juga telah memformulasikan beragam produk untuk menjawab tantangan pangan di masa depan. Mulai dari nanoteknologi untuk efisiensi pemupukan sampai dengan nano coating pada buah mangga yang bisa membuat buah mangga tahan hingga 2 bulan tanpa berkurang kualitasnya. Keunggulan ini pastinya akan menguntungkan Indonesia, terutama untuk urusan ekspor buah-buahan.

Nanoteknologi jelas akan jadi investasi penting untuk menjawab beragam tantangan di masa depan, apalagi karena sifatnya yang mencakup banyak bidang keilmuan seperti fisika, kimia, biologi bahkan kesehatan. Jadi, sudah jelaskan, bahwa makin kecil suatu benda belum tentu kecil juga manfaatnya!