A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

BIANG INOVASI

Whats Hot

Posted: May, 12th 2015

Tugas Baru Bagi Para Drone



Pada awalnya, teknologi drone diciptakan untuk mempermudah operasi militer dari negara-negara maju seperti Amerika Serikat. Misi-misi seperti misi pengintaian, patroli bahkan sampai penyerangan, semua bisa dilakukan dengan baik oleh pesawat-pesawat tanpa awak ini. Menggunakan drone dalam operasi militer memang efektif dan efisien, pergerakannya cepat, sulit terlacak dan yang paling penting jika terjadi sesuatu, sang pilot tetap aman di ruang kendalinya masing-masing. Tapi apakah tugas drone selalu seberat dan seseram itu? Ternyata tidak! Ini dia beberapa “tugas baru” dari pesawat drone yang jauh lebih ramah dan menyenangkan :

1. Hobi Baru


Di tangan para pehobi, drone bisa menjadi sebuah permainan yang menyenangkan. Bisa mengendalikan sebuah quadcopter drone terbang kesana kemari memang menimbulkan sensasi unik yang selalu dirindukan para penggemar drone. Bermain-main dengan drone dan membayangkan diri terbang jauh ke angkasa memang bisa jadi hiburan yang menenangkan pikiran, meskipun dana yang harus dikeluarkan untuk memulai hobi ini bisa dibilang tidak sedikit.

2. Game yang Realistik


Bagi yang kurang puas hanya dengan sekedar menerbangkan drone saja, maka memainkan drone game yang dilengkapi dengan teknologi AR (augmented reality) adalah alternatif yang cukup seru. Di sini para pemainnya bukan hanya mengendalikan drone terbang, tapi juga menyelesaikan misi-misi virtual yang disajikan pada layar smartphone yang sekaligus berfungsi sebagai controller-nya.  

3. Fotografi & Videografi


Menempelkan kamera pada sebuah drone memang bukan hal yang baru dalam dunia militer, tapi belakangan ini hobi fotografi dan videografi lewat drone menjadi tren yang cukup berkembang di Indonesia. Indonesia sendiri punya komunitas pecinta drone fotografi, yaitu DJI Phantom Indonesia. Komunitas ini berdiri mulai awal Mei 2014 lalu. Anggota komunitas ini biasanya adalah para penggemar fotografi dan videografi yang ingin mengembangkan teknik pengambilan gambar aerial shot.

4. Pelayan Restoran


Tugas drone yang ini masih terbilang baru dan unik. Di Singapura, restoran dengan nama Infinium Robotics ini menggunakan drone sebagai pengganti pelayannya. Pesawat tanpa awak ini akan mengantarkan makanan-makanan ke para pengunjung restoran sesuai pesanan mereka. Menurut Woon Junyang pemilik Infinium Robotics, fungsi drone ini adalah untuk memaksimalkan layanan kepada pengunjung. Dengan adanya drone ini para pelayan asli bisa standby lebih lama untuk berinteraksi dengan pelanggan yang datang.

5. Express Delivery


Layanan antar ekspres menggunakan drone ini diperkenalkan oleh Amazon.com. Idenya adalah bagaimana membawa paket secepat mungkin lewat udara dengan cara yang praktis dan diantar langsung begitu pembeli menekan tombol “buy”. Drone milik Amazon.com yang dikenal dengan sebutan octocopters ini akan mengambil paket dari kantor Amazon dan akan segera mengantarnya dalam waktu kurang dari satu jam.  

Source : dronelife.com, truthinmediablog.wordpress.com, www.journaldugeek.com, usatoday.com