A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

BIANG INOVASI

Whats Hot

Posted: May, 05th 2015

Uniknya Magno, Radio Kayu asli Temanggung



Tanpa sentuhan inovasi, sebuah radio hanya akan menjadi salah satu teknologi lawas untuk mendengarkan musik. Bahkan mungkin, tidak ada lagi orang yang benar-benar mendengarkan siaran radio dari sebuah radio, mengingat teknologi ini telah lama menyatu dengan peralatan canggih seperti mp3 player atau smartphone. Tapi ternyata, hal ini tidak berlaku bagi Singgih Kartono, desainer produk lulusan ITB ini sukses menciptakan “Magno” sebuah radio kayu unik yang banyak diminati para pecinta musik di seluruh dunia.

Awalnya Singgih hanya bereksperimen membuat desain radio dari bahan kayu dan mengisinya dengan radio merk Panasonic yang didapatkannya dari toko elektronik. Setelah produknya selesai, ternyata banyak yang tertarik hingga ia mengembangkan idenya menjadi aneka model dan bentuk radio kayu dengan brand “Magno”. Workshop Magno yang ia dirikan di tempat kelahirannya, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah pun langsung kebanjiran pesanan dari luar negeri. Bahkan, ia sempat menutup website Magno untuk sementara agar tidak ada lagi pesanan yang masuk.



Keunikan Magno bukan hanya dari bentuknya, tapi juga bahan bakunya yang sebagian besar dari kayu berkualitas tanpa sentuhan pelapis lain. Menurut Singgih, permukaan kayu sendiri sudah mempunyai tekstur dan corak yang indah dan berbeda satu sama lain. Radio buatannya ini pun dikerjakan dengan detail dan ketelitian yang tinggi, karenanya Magno tidak pernah diproduksi secara massal. Uniknya lagi, semua karyawannya bukan berasal dari mereka yang mengerti kayu atau desain. Karyawan yang diterimanya hanya warga biasa dengan pembelajaran-pembelajaran baru, termasuk sikap disiplin.



Sebagai pencipta produk yang terbuat dari kayu, Singgih paham betul dengan gagasan Economicology, yaitu pentingnya ekologi dalam pertumbuhan ekonomi berkesinambungan. Karena itulah ia tidak sekedar memproduksi, tapi juga memulainya dari kebun pembibitan kayu yang ditanam di desanya. Selain untuk bahan produksi dengan pola yang benar, pohon-pohon ini nantinya juga akan menjadi penyangga bagi tanah dan air.



Kini Radio Magno telah menghiasi butik-butik desain ternama dunia, diantaranya Design Museum London dan MOMA Shop di New York. Belum lagi sederet penghargaan yang pernah diterima Magno yaitu: Good Design – Japan 2008, Asia Design Award Hong Kong-DFA Grand Award. Ini membuktikan, suatu ilmu yang dipadukan dengan kecintaan terhadap kampung halaman bisa menghasilkan sebuah karya yang fenomenal.

Source : dgi-indonesia.com, wooden-radio.com, ayipbali.com