A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

BIANG INOVASI

INNOVATION LIBRARY

Auto Lamp

Dibuat oleh Deden Jaya Somantri.

Inovasi ini berawal dari pengalaman pribadi sang inovator yaitu ketika ia membeli lampu dan memintanya untuk mengetes terlebih dahulu. Ketika si pemilik warung mencoba untuk mengeluarkan lampu itu dari kotak packaging, tiba-tiba lampu jatuh dan pecah begitu saja dikarenakan kesulitan untuk membuka kotak tersebut.

Dari pengalaman itulah penemu termotivasi untuk mendesain ulang packaging lampu agar lebih mudah untuk pengetesan. Desain menggunakan sistem sliding untuk cara membuka dan menutupnya. Di samping itu, konsep packaging dibuat multifungsi sehingga bisa berguna menjadi lampu tidur dan dudukan hiasan lampu unik.

Dengan konsep baru packaging lampu ini juga bisa mengurangi jumlah sampah sekaligus bermanfaat untuk pelestarian lingkungan.

Bimbong

Dibuat oleh Mifta Farid Sah Putra.

Bimbong merupakan sejenis puzzle yang terdiri dari dua komponen yaitu base dari bahan plastik dan upper yang terbuat dari busa. Bimbong bisa disusun menjadi stools maupun sebagai kasur. Selain itu, bimbong juga bisa dikreasikan menjadi bentuk yang lain, menjadi sesuatu yang menarik dengan perpaduan warna yang berbeda-beda.

Bimbong jadi salah satu aksesoris menarik bagi hunian urban seperti di apartemen. Jika sedang tidak digunakan Bimbong bisa disusun berbentuk box sekaligus sebagai tempat penyimpanan serbaguna.

Kantung Hijau

Dibuat oleh Driya Suwindrati Susanto, S.Hut.

Alat dan metode ini diilhami oleh kejadian yang sering terjadi di persemaian bibit. Bibit dengan media polibag yang tidak laku dijual dibiarkan saja di persemaian dalam waktu yang lama dan akhirnya tumbuh menjadi pohon. Hal ini terjadi karena akar bibit menembus polibag dan masuk ke dalam tanah untuk mencari makan sendiri.

Kantung hijau sendiri merupakan modifikasi dari teknik pembibitan tanaman dengan memakai bahan pembungkus yang kuat dan bisa lapuk serta ukuran yang lebih besar dari polibag pada umumnya. Kantung hijau berisi kompos atau bahan organik untuk pertumbuhan biji sampai tanaman dengan akar yang cukup kuat untuk mencari makanan sendiri. Bibit yang dimasukkan ke dalam kantung hijau bisa dalam bentuk benih atau biji, stump, stek batang maupun bibit dewasa. kantung hijau diberi tambahan tali - tali yang menjuntai di bagian luar untuk membantu penyerapan air di sekitarnya.

Elbo

Dibuat oleh Ketut Gede Budhi Riyanta, S.Ked.

Inovasi ini berangkat dari data bahwa terdapat sekitar 17.800 koloni kuman di gagang kran (tipe apapun) yang anda gunakan setiap harinya. Setelah mencuci tangan, kita justru kembali memegang keran yang kotor untuk menutupnya. Padahal, menurut prosedur pembedahan (surgical) yang biasa dilakukan di ruang operasi, menutup keran dilakukan menggunakan siku (elbow).

Elbo adalah adapter kran yang penggunaannya menggunakan siku untuk menutup saluran air. Berbahan dasar plastic, Elbo cocok dipasang hampir di semua tipe kran. Inovasi ini hadir untuk menghindari penggantian instalasi kran yang sudah terpasang rapih di rumah Anda. Elbo dapat digunakan oleh siapa saja sekaligus membudayakan kebiasaan menutup kran siku.