A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

BIANG INOVASI

INNOVATION LIBRARY

Colored

Dibuat oleh Mifta Farid S Putra.


Inspirasi dibuatnya alat petik stroberi bernama colored adalah kesadaran inovator bahwa tidak semua orang bisa memetik stroberi dengan cara yang baik dan benar. Padahal, stroberi termasuk tanaman yang sensitif dan mudah mat, termasuk ketika kita salah menggunting buah stroberi saat panen.

Berbeda dengan alat potong konvensional seperti gunting kain atau gunting kertas, colored punya nilai lebih dari sekedar alat potong. Colored didesain tanpa sudut tajam guna menghindari goresan pada buah stroberi lain saat menggunting. Mata pisau juga dirancang tersembunyi sehingga aman saat disimpan di dalam kantong.

Pemilihan warna colored disesuaikan dengan warna stroberi yang sudah matang. Warna ini juga bisa dijadikan patokan bagi kita untuk membedakan stroberi mana yang sudah layak panen dengan stroberi yang belum matang.

Nylametke Tanduran Pari

Dibuat oleh Rio Setia Monata.

Inovasi ini adalah bentuk kepedulian sosial untuk penyelamatan tanaman padi dari serangan hama tikus sawah. Masalah hama tikus sering ditemui para petani dan cukup sulit untuk ditanggulangi.

Solusi sederhana dengan menggunakan botol bekas ini dianggap efektif untuk melindungi tanaman padi dari gigitan hama tikus. Nama “Nyelamatke Tanduran Pari” ini pun diambil dalam bahasa Jawa yang memiliki arti menyelamatkan tanaman padi.

GasAngKus

Dibuat Oleh Bayu Nugroho

Membaca data berupa ratusan bahkan ribuan angka yang tersusun di dalam tabel cukup memusingkan mata kita. Bayu Nugroho mencoba membuat inovasi agar mata kita bisa fokus kepada satu angka yang sedang dilihat. Adalah GasAngKus yaitu garisan angka fokus yang berbentuk penggaris berlubang memanjang di bagian tengah.

Alat ini efektif bagi profesi guru atau admin di sekolah saat memindahkan data nilai dari kertas ke komputer. Membaca data di dalam tabel semakin mudah, otomatis proses pemindahan data juga semakin efisien. GasAngKus terbuat dari mika (PVC) transparan dikombinasikan dengan mika berwarna yang disusun berlapis dengan lubang di bagian tengahnya dan bisa disetting besar kecilnya sesuai dengan kebutuhan.

GasAngKus juga bisa berfungsi sebagai penggaris biasa. GasAngKus ini tidak hanya digunakan di dunia pendidikan saja tapi bisa juga digunakan untuk mereka yang selalu bergelut dengan pekerjaan pemindahan data.

Jajaware

Dibuat oleh Prangki Anas Saputra.

Jajaware dibuat sebagai solusi bagi para penjual makanan basah yang suka menjajakan jualannya secara acak. Jajaware adalah tempat penyimanan berlapis yang memiliki banyak ruang namun didesain dalam bentuk yang compact.

Produk ini membantu pedagang saat membawa makanan dalam jumlah yang banyak. Terutama bagi mereka yang menggunakan kendaraan roda dua. Selain itu, Jajaware juga sesuai untuk Anda yang sering berjualan di bazaar dengan tempat terbatas.

EcoBata

Dibuat Oleh Rina Nurhayati.

Ecobata adalah sebuah inovasi bentuk baru dari batu bata yang bisa menghemat penggunaan semen. Teknik semen yang digunakan di eco bata adalah vertical cementing yaitu mengisi semen di dalam rongga ecobata.

Ecobata dapat disusun seperti lego hingga saling mengunci pergerakan antara satu sama lain. Selain itu, rongga tengah ecobata dapat dimanfaatkan dan dikreasikan untuk instalasi kabel listrik, instalasi pipa air, dan juga ventilasi udara.

Fungsi lain dari Ecobata adalah sebagai aksesori seperti pot bunga, pijakan cantik di tengah taman, bahkan pijakan refleksi untuk telapak kaki.