A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

BIANG INOVASI

Agave si Kaktus serbaguna

Jika ada tanaman yang belum banyak dikenal orang namun banyak sekali manfaatnya, maka kemungkinan tanaman tersebut adalah Agave. Tampilannya unik, banyak pecinta tanaman yang menjadikannya tanaman koleksi, seratnya banyak digunakan untuk bahan baku tali, kandungannya bisa dibuat minuman, bahkan menurut penelitian, Agave merupakan bahan ideal untuk membuat ethanol sebagai bahan bakar pengganti bensin yang ramah lingkungan. 

Agave berasal dari bahasa Yunani, yang artinya kemuliaan. Dinamakan begitu karena tinggi sosok tanaman ini. Agave sendiri adalah jenis tanaman monokotil penghasil serat alam dari keluarga agavaceae. Daun tanaman ini umumnya lancip, tebal, dan kaku, yang berfungsi untuk menyimpan air.

Jenis Agave yang banyak dimanfaatkan untuk serat alam adalah Sisal (Agave sisaline Perrine). Penanaman Sisal terus berkembang di Indonesia sejak tahun 1913, seiring dengan kebutuhan bahan baku tali dan industri lainnya. Seperti jenis tanaman kaktus lainnya, sisal tumbuh baik pada lahan dan iklim yang kering. Di Indonesia, Sisal ditanam di lereng-lereng bukit yang berkapur di daerah Malang Selatan, Jember dan Blitar Selatan. Tanaman ini juga banyak digunakan di Tulungagung untuk industri kerajinan keset, sapu dan sikat. Harga serat Agave Sisalana kering Grade A adalah Rp 5.000,- /kg dan harga jualnya tanaman induknya sekitar 65 rb – 125 rb.

Selain sebagai penghasil serat alam, Agave juga dikenal sebagai penghasil Tequila, minuman beralkohol yang sangat terkenal. Tequila dihasilkan dari tanaman Agave tequilana setelah melalui proses destilasi dan fermentasi. Pada bidang bahan bakar energi, Agave juga menjadi sumber bahan bakar ramah lingkungan karena bisa menciptakan emisi CO2 yang jauh lebih sedikit ketimbang bahan bakar konvensional lainnya.
 


No Comment Yet