A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

BIANG INOVASI

Batu Palimanan

Batu Palimanan adalah jenis batuan pasir atau sandstone yang terbentuk dari butiran pasir melalui proses sementasi. Seperti batu-batuan alam lain, batu Palimanan banyak digunakan untuk menghias interior dan eksterior bangunan. Batuan ini banyak ditemukan di daerah Cirebon, sesuai nama daerahnya yaitu Palimanan yang merupakan nama sebuah kecamatan yang ada di Kabupaten Cirebon. Pori-pori pada batu Palimanan tidak terlalu padat dan teksturnya tidak terlalu keras. Ini menyebabkan batu ini tidak cocok diaplikasikan pada dinding yang terkena hujan dan sinar matahari terus menerus.

Batu Palimanan setidaknya punya tiga macam corak, yaitu:

  1. Batu Palimanan Putih atau White Palimo, yang memiliki tingkat kekerasan paling tinggi.

  2. Batu Palimanan Emas atau Golden Palimo, yang berwarna keemasan dengan corak urat kuning kecoklatan. Tingkat kekerasannya sedang.

  3. Batu Palimanan Kuning atau Cream Palimo, yang mempunyai warna dasar cream dan didominasi warna kuning dengan urat kasar hitam kecoklatan.Tingkat kekerasan rendah.

Batu palimanan banyak diaplikasikan pada bangunan hotel dan bangunan mewah di berbagai daerah, terutama Bali. Jenis batu ini sangat diminati oleh pembeli dari mancanegara karena memiliki aksen alami yang kuat dan memberikan aksen mewah yang bercahaya.


No Comment Yet