A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

BIANG INOVASI

Belerang Kawah Ijen

Material dari unsur alam yang satu ini jumlahnya sangat melimpah di Indonesia. Saat ini saja sulfur atau belerang sebagai bahan galian baru ditambang sekitar 20% dari total jumlah yang disediakan oleh alam. Ya, nusantara kita memang mendapatkan anugerah yang luar biasa dengan dikelilingi oleh gunung berapi aktif.

Produk dari pegunungan api ini banyak dimanfaatkan untuk campuran kosmetik, obat-obatan, korek api, campuran ban kendaraan, pupuk dan banyak produk lainnya. Salah satu daerah penghasil belerang di Indonesia adalah kawasan Taman Nasional Alas Purwo. Kawasan ini membawahi Kawah Gunung Ijen yang menghasilkan sedikitnya 14 ton belerang setiap harinya. Jumlah ini sebenarnya masih cukup rendah, salah satu kendala penyebab minimnya hasil yang diperoleh ini adalah medan penambangan yang sangat sulit.

Gunung Ijen sendiri merupakan gunung berapi aktif yang terletak di perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Bondowoso, Jawa Timur. Gunung ini mempunyai ketinggian 2.443 m dan telah beberapa kali meletus, termasuk letusan terakhir pada tahun 1999.

Proses penambangan di Kawah Ijen sendiri masih dilakukan dengan cara yang sederhana, yaitu dengan pipa-pipa besi yang disambung sejauh 50 – 150 meter untuk mengalirkan uap belerang yang panasnya mencapai 200 derajat celcius. Jika suhu yang timbul di atas itu, maka uap tersebut tidak akan tersublimasi karena terlebih dulu terbakar.

Source : esdm.go.id, wikipedia.org


No Comment Yet