A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

BIANG INOVASI

Damar Batu dan Damar Mata Kucing

Tidak banyak yang tahu bahwa material ini adalah bahan baku yang paling diminati di dunia.

Damar batu dan damar mata kucing berasal dari getah pohon damar yang telah mengeras dan membentuk gumpalan. Proses terjadinya material asli Indonesia ini adalah ketika kulit pohon damar yang terluka mengeluarkan getah secara alami. Lama-kelamaan, getah tersebut akan menggumpal besar dan jatuh ke tanah. Damar batu yang jatuh ini memiliki warna cokelat kehitaman dan berbentuk tidak beraturan, maka tidak heran banyak orang menyebutnya sebagai damar batu.

Getah pohon damar yang terkenal lainnya adalah damar mata kucing. Material ini adalah hasil dari budidaya petani getah, jadi posesnya tidak terjadi secara alami. Pohon damar sengaja dilukai dan getah yang keluar ditampung dalam wadah. Bentuk fisik yang dihasilkan jauh lebih bersih dibanding damar batu. Damar mata kucing terlihat lebih bening dan berkualitas lebih baik. Jenis damar mata kucing yang paling baik memiliki nama latin Shorea javanica dan Hopea dryobalanoides.

Kegunaan getah damar adalah sebagai bahan baku cat, korek api, vernis, dan pelitur. Sebagian besar getah damar mata kucing diekspor ke Singapura, Hongkong, India, Jepang, dan Belanda. Selain itu, getah damar memiliki unsur kimia resin yang bisa dipakai untuk bahan pengawet binatang hasil buruan atau tumbuh-tumbuhan langka.

Pohon damar sendiri banyak tumbuh di hutan-hutan Indonesia, seperti di wilayah Lampung, Sumatera Selatan, Sulawesi, Kalimantan, dan Irian Jaya. Hingga kini getah damar saat ini masih menjadi komoditi ekspor andalan di Lampung.


No Comment Yet