A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

BIANG INOVASI

Gemstone Unggulan Pacitan

Popularitas batu alam sebagai benda koleksi dan penghias jemari bagi rakyat Indonesia seakan tidak bisa dibendung lagi. Pria, wanita, tua dan muda, semua seakan larut dalam trend yang menjalar ke seluruh pelosok negeri ini.

Indonesia sebagai negara yang kaya akan sumber daya alam memang merupakan salah satu pusat penghasil batu-batuan alam, mulai dari yang digunakan sebagai penghias interior / eksterior bangunan hingga aksesoris seperti cincin. Setiap daerah di Indonesia sendiri memiliki potensi alam yang berbeda termasuk material-material alam yang dikandungnya. Contohnya adalah salah satu jenis gemstone yang merupakan unggulan dari daerah Jawa Timur, yaitu jenis “Red Baron” yang artinya Bangsawan Merah.

Batuan jenis chalcedony yang disebut dengan batu keladen ini banyak ditemui di daerah-daerah Indonesia seperti Baturaja, Sumatera Selatan. Namun, batu dengan kualitas terbaik hanya terdapat di Pacitan, Jawa Timur. Batu keladen Pacitan ini adalah batu jenis chalcedony yang memiliki tekstur kristal lembut di dalamnya. Ciri-ciri lain dari batu ini adalah permukaannya yang mengkilat dan warna merahnya yang terlihat menyala ketika terpapar sinar matahari.

Proses penambangan batu jenis ini cukup sulit karena jarang ditemui batu dengan kualitas yang sempurna. Dalam satu bongkah batu besar biasanya hanya bisa didapatkan potongan kecil “Red Baron” yang berkualitas. Karena itulah, di pasaran harga batu jenis ini terbilang cukup tinggi.
 


No Comment Yet