A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

BIANG INOVASI

Grafit

 

Sebuah ide biasanya terlahir dari suatu konsep yang dituangkan lewat coretan-coretan di atas kertas. Sejak dulu sekali, pensil telah menjadi sahabat para inovator dalam menggali ide. Tapi tahukah Anda,  bahan alam utama pembuat isi pensil?

Material itu adalah grafit. Grafit ialah modifikasi karbon dalam bentuk tidak begitu padat yang bisa menghantarkan panas dan listrik dengan baik. Karbon sendiri adalah unsur yang paling banyak ke-4 terdapat di alam semesta, paling banyak ke-15 di lapisan kerak bumi dan elemen kedua terbanyak yang terdapat dalam tubuh manusia.

Grafit bersifat rapuh dan karena titik didihnya yang sangat tinggi (3500 derajat celcius), grafit hanya bisa dilarutkan dalam besi leleh. Dari segi ketahanan terhadap korosi, penggunaannya sangat luas. Grafit digunakan sebagai elektroda, aditif untuk bahan pelumas, cawan lebur, batu filter dan serat grafit dimanfaatkan untuk pelepasan muatan elektrostatik pada selubung ventilasi.

Karbon mempunyai peranan penting dalam kehidupan manusia, dari karbondioksida di udara sampai karbon dalam bentuk grafit. Untuk bahan baku pensil sendiri, material grafit harus dikombinasikan dengan tanah liat. Jumlah karbon di alam cukup banyak, namun karbon dalam bentuk grafit jumlahnya cukup terbatas. Di Indonesia sendiri, grafit banyak di tambang di daerah Payakumbuh dan Singkarak, Sumatra Barat.







 


No Comment Yet