A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

BIANG INOVASI

Jati, Material Terbaik Untuk Rumah Anda

Bayangkan betapa repotnya saat Anda mengetahui lemari pakaian di rumah tiba-tiba sudah hancur karena rayap. Bukan hanya lemari Anda saja yang menjadi korban, tapi juga seluruh pakaian yang ada di dalamnya. Rayap rumah hidup berkoloni di dalam tanah dengan kemampuan berbiak yang sangat cepat, makanannya cellulose merupakan ancaman serius bagi rumah Anda yang sebagian besar berstruktur kayu. Itulah mengapa memilih bahan terbaik untuk furniture di rumah adalah hal yang sangat penting dan kayu jati adalah salah satunya.

Di Indonesia sendiri, dari 4000 jenis kayu yang ada, hanya sekitar 10% nya saja yang anti rayap, salah satunya adalah kayu jati. Kayu jati secara alami memiliki zat ekstraktif yang bersifat racun bagi jamur dan rayap. Sebenarnya semua kayu memiliki zat seperti ini, hanya biasanya mudah larut oleh bahan-bahan seperti air hujan, metanol, air panas, air dingin atau alkohol.

Pohon jati (Tectona grandis sp.) dapat hidup ratusan tahun, dengan diameter 1,8-2,4 meter pohon ini bisa mencapai ketinggian hingga 45 meter. Pohon jati dianggap baik jika memiliki garis lingkar besar, berbatang lurus dan mempunyai sedikit cabang. Kayu jati dengan kualitas terbaik biasanya berasal dari pohon yang umurnya 80 tahun lebih.

Sebagai bahan furniture, kualitas kayu jati Indonesia diakui yang terbaik di dunia. Meskipun ada banyak tingkatan grade dari kayu jati, tapi yang terbaik yaitu grade A berasal dari Indonesia. Bahkan jati dari Burma pun kalah kualitasnya. Hanya furniture dengan bahan jati grade A inilah yang bisa bertahan di negara dengan empat cuaca. Jati dengan kualitas ini rata-rata dijual seharga 10 juta perbatang, sementara kualitas di bawahnya dijual dikisaran 5-7 juta perbatangnya.

Source : wikipedia, ilmuperkayuan2013.blogspot, merdeka.com


No Comment Yet