A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

BIANG INOVASI

Kakao, Kebanggaan Indonesia

Kakao (Theobroma cacao) merupakan tumbuhan berwujud pohon yang berasal dari Amerika Serikat dan banyak tersebar di Indonesia. Dari biji tumbuhan inilah dihasilkan produk olahan yang dikenal sebagai cokelat. Kakao adalah tumbuhan tahunan/musiman (perennial), di alam liar, tinggi pohon Kakao bisa mencapai hingga 10 meter.

Buah Kakao tumbuh dari bunga yang telah diserbuki. Ukuran buah jauh lebih besar dari bunganya, dan berbentuk bulat hingga memanjang. Buah terdiri dari 5 daun buah dan memiliki ruang dan di dalamnya terdapat biji. Warna buah berubah-ubah, sewaktu muda berwarna hijau hingga ungu, dan apabila sudah matang kulit luar buah biasanya berwarna kuning. Saat buah ini matang, biji buah yang berwarna putih itu bila dikunyah akan memberikan sensasi rasa manis alami, maka dari itu, di beberapa wilayah, banyak orang-orang yang gemar melumat biji buah Kakao tersebut dan menjadikannya sebagai cemilan.

Dalam bahasa keseharian masyarakat kita, buah Kakao sering juga langsung disebut sebagai buah Cokelat. Sebutan itu ada karena pada kenyataannya biji Kakao memanglah bahan utama pembuatan bubuk Kakao (cokelat), yang juga merupakan bahan dalam pembuatan kue, es krim, makanan ringan, susu, dan lain-lain.

Indonesia menjadi negara ketiga penghasil Kakao terbesar di dunia, setelah Pantai Gading, dan Ghana. Sebagai komoditas perdagangan, biasanya dibedakan menjadi dua kelompok besar, yaitu: Kakao mulia dan Kakao curah/lindak. Sebagian besar daerah produsen Kakao di Indonesia menghasilkan Kakao curah/lindak yang berasal dari kultivar-kultivar yang self-incompatible. Kakao curah sendiri biasanya memiliki kualitas rendah, meskipun produksinya lebih tinggi. Rendahnya kualitas dari Kakao curah itu sendiri disebabkan karena bukan rasa yang diutamakan, melainkan kandungan lemaknya.


No Comment Yet