A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

BIANG INOVASI

Karet Yang Fleksibel

Karet alam merupakan salah satu bahan yang banyak dibutuhkan dalam dunia industri. Karena itulah karet alam Indonesia punya peranan strategis sebagai salah satu komoditi industri tanaman tropis yang mendukung perekonomian nasional.

Indonesia sendiri adalah produsen penghasil karet alam terbesar kedua di dunia dengan produksi 2,5 juta ton (tahun 2009) setelah Negara Thailand. Meski begitu, sebenarnya luas areal perkebunan karet di Indonesia merupakan yang terbesar di dunia, bahkan luasnya bisa dioptimalkan lagi dengan pemberdayaan lahan-lahan liar yang belum produktif.

Daerah penghasil karet di Indonesia cukup menyebar, namun karet paling banyak dibudidayakan di Pekanbaru, Riau. Daerah-daerah ini nantinya juga akan dikembangkan untuk industri hilir produk karet, sehingga Indonesia tidak hanya dikenal sebagai penghasil karet mentah namun juga sebagai penghasil produk berbahan dasar karet. Selain itu, peningkatan daya saing karet memerlukan usaha yang berkelanjutan dalam empat hal, yaitu peningkatan produktifitas, program revitalisasi, penggunaan bibit unggul dan perluasan lahan petani rakyat. 

Kebutuhan akan karet saat ini terus meningkat dengan berkembangnya industri otomotif di Indonesia dan dunia. Selain itu, karet juga dibutuhkan dalam bidang-bidang alat kesehatan, rumah sakit, mainan, keperluan rumah tangga, olahraga dan sebagainya.  

Terbukti, bukan hanya sifatnya, dalam hal kegunaan, karet juga sangat fleksibel!


No Comment Yet