A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

BIANG INOVASI

Kayu Besi, Kayu Tangguh Khas Kalimantan

Keberadaan kayu di Indonesia sudah langka. Mungkin Anda belum pernah mengenal yang namanya kayu besi yang juga biasa disebut dengan kayu ulin. Mari berkenalan dulu dengan kayu terkuat yang ada di Indonesia.

Kayu ulin disebut dengan kayu besi karena memang kekuatannya dapat bertahan sekuat, selama dan setangguh besi.  Pohon berkayu khas dari Kalimantan ini biasanya dimanfaatkan sebagai bahan bangunan, konstruksi rumah, jembatan, perkapalan dan juga tiang listrik.  Kayu besi ini biasanya tumbuh secara alami didaerah hutan tropika basah di wilayah Sumatera bagian selatan dan Kalimantan.

Ukuran pohon yang raksasa
Pohon ulin merupakan jenis pohon besar yang tingginya dapat mencapai 50 meter dengan diameter dapat mencapai ukuran 120 cm. Pohon ini dapat tumbuh di daerah dataran rendah sampai ketinggian 400 meter. Pada umumnya, ulin tumbuh pada ketinggian 5 sampai 400 meter diatas permukaan laut dengan medan datar sampai miring.

Ulin dapat tumbuh secara berpencar maupun bergerombol di hutan dimana terdapat habitat rawa. Kayu ulin disebut juga dengan kayu besi karena dapat bertahan dengan berbagai macam perubahan suhu, kelembaban dan pengaruh air laut. Saat ini, pertumbuhan kayu ulin di hutan sudah sangat jarang dijumpai karena begitu sekali ditebang, proses untuk perkecambahan kembali sangat lama, yaitu sekitar 6 sampai 12 bulan lagi. Hal itu juga belum tentu berhasil membuahkan bibit baru dari kayu ulin ini.

Kalau Anda ingin menemukan kayu ini, ciri-ciri yang dapat Anda ingat yaitu kayu dibagian dalamnya berwarna kuning atau ada juga yang berwarna coklat kelabu kehitaman di bagian permukaan kayunya. Anda kalau sudah menemukan kayu ini, lantas Anda akan menggunakannya sebagai bahan pembuatan furniture rumah Anda. Hal itu salah besar karena kayu ulin tidak cocok digunakan sebagai bahan furniture. Kayu ini sangat keras, sehingga sangat susah sekali untuk dibentuk agar dapat menjadi sebuah furniture yang menarik. Hal ini akan menyulitkan proses pembuatan furniture. Untuk furniture saja sudah susah, apalagi mau Anda gunakan sebagai hiasan dengan ornament ukiran. Sebaiknya Anda segera mencari kayu yang lain.

Sayangnya, keberadaan kayu ini sudah sangat langka dijumpai dipasaran. Hal ini dikarenakan banyaknya penebangan liar sedangkan pertumbuhan kayu ini sangat lamban.

Source: http://www.carajadikaya.com


No Comment Yet