A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

BIANG INOVASI

Kelapa Sawit, Komoditas Ekspor Terbesar Indonesia

Sejak dulu, negara Indonesia memang sudah terkenal dengan kesuburan tanahnya yang mampu menghasilkan beraneka ragam rempah-rempah dan tanaman untuk keperluan masyarakat Indonesia sendiri, bahkan dunia. Dari sekian banyak hasil bumi yang ada di negara kita, bisa dibilang kalau komoditas kelapa sawit adalah yang paling besar dan sangat mempengaruhi perekonomian bangsa ini.

Kelapa sawit (Elaeis) merupakan tumbuhan industri penting penghasil minyak masak, minyak industri, maupun bahan bakar (biodiesel). Perkebunannya menghasilkan keuntungan besar sehingga banyak hutan dan perkebunan lama dikonversi menjadi perkebunan kelapa sawit. Indonesia adalah penghasil minyak kelapa sawit terbesar di dunia. Di Indonesia penyebarannya di daerah Aceh, pantai timur Sumatra, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi.

Minyak sawit adalah salah satu minyak yang paling banyak dikonsumsi dan diproduksi di dunia. Biasanya minyak sawit digunakan sebagai bahan baku minyak goreng, margarin, sabun, kosmetika, industri baja, kawat, radio, kulit dan industri farmasi. Minyak sawit juga dapat digunakan untuk beragam peruntukannya yang lain karena keunggulan sifat yang dimilikinya yaitu tahan oksidasi dengan tekanan tinggi, mampu melarutkan bahan kimia yang tidak larut oleh bahan pelarut lainnya, mempunyai daya melapis yang tinggi dan tidak menimbulkan iritasi pada tubuh dalam bidang kosmetik. Kelebihan minyak nabati dari sawit adalah harga yang murah, rendah kolesterol, dan memiliki kandungan karoten tinggi. Sisa pengolahan buah sawit pun masih bisa dimanfaatkan, yaitu untuk menjadi bahan campuran makanan ternak dan difermentasikan menjadi kompos.

Selain memiliki banyak manfaat dan lebehin, terdapat pula efek samping yang negatif dari produksi minyak sawit. Selain dampaknya kepada kesehatan manusia karena mengandung kadar lemak yang tinggi, dampak lainnya adalah fakta bahwa bisnis minyak sawit menjadi sebab kunci dari penggundulan hutan di negara-negara seperti Indonesia dan Malaysia. Sampai saat ini, karena industri kelapa sawit yang berlebihan, Indonesia telah menjadi penghasil gas emisi rumah kaca terbesar setelah Cina dan Amerika Serikat.

Source : www.pajak.go.id


No Comment Yet