A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

BIANG INOVASI

Mutiara, Langka dan Bernilai

Sumber daya alam merupakan suatu anugrah untuk melengkapi kebutuhan hidup manusia. Berbagai macam sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan dan disulap menjadi benda yang bernilai. Sama seperti halnya mutiara, material yang berasal dari hewan ini ternyata dapat dijadikan suatu barang yang digemari oleh kaum hawa dengan harga yang tidak murah.

Mutiara merupakan benda keras yang diproduksi di dalam jaringan lunak dari hewan laut, yaitu kerang. Mutiara memiliki bentuk yang sempurna ketika bentuknya bulat dan permukaan luarnya halus. Namun, ada juga mutiara yang tidak berbentuk bulat yang masih menjadi incaran kaum hawa. Mutiara yang alami merupakan mutiara dengan kualitas tinggi yang dapat dihargai setara dengan batu permata, oleh karena itu mutiara adalah sesuatu objek metafora yang sangat langka, mengagumkan dan juga bernilai tinggi.

Pertama kali mutiara ditemukan

Mutiara pertama kali ditemukan oleh raja yunani bernama Xerxes. Pada saat itu, mutiara dipercaya sebagai jimat pembawa keberuntungan disaat perang dan dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Sejak saat itulah, mutiara menjadi benda yang bernilai sampai saat ini.

Mutiara berasal dari hewan laut, yaitu kerang. Mutiara yang bernilai berasal dari kerang yang hidup di alam liar. Namun, saat ini sangat jarang sekali penemuan mutiara di alam liar. Untuk memudahkannya, banyak budidaya mutiara yang berasal dari tiram. Mutiara inilah yang saat ini beredar luas dan banyak dijumpai dimanapun Anda berada. Biasanya, mutiasa yang dibudidaya ini kualitasnya lebih rendah daripada mutiara yang terdapat di laut.

Mutiara asli dapat dijadikan sebagai perhiasan yang punya harga jual cukup tinggi. Sedangkan mutiara yang dibudidayakan biasanya akan diolah sebagai perhiasan namun tak semahal mutiara asli. Selain itu, mutiara juga dapat dijadikan hiasan pada gaun mewah, sehingga nilai jual gaun tersebut juga mahal. Pengolahan mutiara tidak berhenti sampai disitu, mutiara juga dapat dihancurkan lalu digunakan sebagai bahan kosmetik, obat-obatan, bahan untuk campuran cat dan lainnya.

Sumber daya alam wajib dilestarikan supaya dapat dinikmati juga oleh anak cucu kelak. Oleh karena itu, tujuan dari budidaya mutiara untuk tetap menjaga keberadaan benda itu meskipun harga jualnya turun dan daya jualnya juga berkurang.

Source: https://id.wikipedia.org


No Comment Yet