A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

BIANG INOVASI

Nikel

Indonesia adalah negara penghasil nikel terbesar ketiga di dunia, namun pabrik pengolahan nikel di dalam negeri yang belum optimal menjadikan sebagian besar dari produksi nikel Indonesia di eksopr ke China. Di Indonesia, nikel banyak ditambang di daerah Sulawesi Tenggara yaitu di Soroako dan Sulewasi Selatan yaitu di sekitar danau Metana, Danau Towuti dan di Kolaka.

Nikel mempunyai sifat tahan karat. Dalam keadaan murni nikel bersifat lembek, tapi saat dipadukan dengan besi, krom dan logam lain, nikel dapat membentuk baja tahan karat atau stainless steel. Material ini banyak diaplikasikan  pada peralatan-peralatan dapur seperti sendok dan peralatan masak. Selain itu, campuran nikel juga digunakan sebagai ornamen-ornamen rumah, gedung serta komponen industri.

Dengan segala keunggulannya tersebut, nikel menjadi salah satu material paling dicari di dunia. Unsur dengan nomor atom 28 ini dipakai sebagai bahan campuran untuk memperbaiki sidat bahan. Bahkan agar lebih kuat, baling-baling baja pada mesin jet juga menggunakan campuran kandungan nikel. Nikel di Indonesia banyak dijumpai di permukaan tanah, karena itu penambangnya tidak membutuhkan lubang besar seperti penambangan material lain pada umumnya.


No Comment Yet