A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

BIANG INOVASI

Rotan

Peribahasa “Tak ada rotan, akar pun jadi” mempunyai arti : jika yang baik tidak ada, maka yang kurang baik pun bisa dimanfaatkan. Ini berlaku untuk banyak hal dalam hidup, namun yang jelas peribahasa ini secara langsung meletakkan rotan pada posisi yang istimewa. Artinya rotan memang merupakan indonesian material yang baik dan banyak kegunaannya.

Dari segi nama, rotan juga punya keunikan sendiri. Rattan atau rotan bukanlah nama satu tumbuhan, melainkan nama untuk sekitar 600 spesies pohon palm dari suku Calameae. Umumnya pohon rotan tumbuh berbeda dari pohon palma, karena rotan biasanya tumbuh merambat diantara tanaman lainnya.

Jelas rotan merupakan bahan yang istimewa, karena Indonesia memenuhi hingga 80% kebutuhan rotan dunia. Dari 80% tersebut, sebagian besar berasal dari hutan dan sisanya dari hasil budidaya. Luas areal yang ditumbuhi rotan di Indonesia adalah sekitar 13,2 juta hektar dari 143 juta hektar hutan Indonesia yang tersebar di Kalimantan, Sulawesi, Sumatera dan Jawa. Indonesia punya 8 marga rotan yang terdiri dari 306 jenis dan 51 diantaranya sudah banyak dimanfaatkan. Jenis yang punya nilai paling tinggi yaitu Calamus dan Daemonorops.

Olahan rotan banyak dimanfaatkan untuk bahan baku pembuatan mebel. Sebelum dipakai, batang rotan biasanya dikelupas dengan alat khusus yang menyerupai pisau. Bahan kayu rotan sangat disukai karena sifatnya yang ringan, tahan lama dan cukup fleksibel.

Rotan jauh lebih mudah dipanen dan bisa menjadi alternatif pengganti kayu tropis bagi para penebang. Tanaman rotan juga tumbuh lebih cepat daripada kayu tumbuhan tropis manapun. Sehingga selain banyak manfaatnya, rotan juga sangat potensial untuk pemeliharaan hutan Indonesia.


No Comment Yet