A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

BIANG INOVASI

Serat Sutera

Jika ditanya jenis kain apa yang dikenal karena kemewahan dan kekuatannya sejak ribuan tahun yang lalu, jawabannya sudah pasti kain sutera. Kain dengan material ini pertama kali dikenalkan oleh Bangsa China, namun kini telah menyebar ke banyak negara di dunia, termasuk Indonesia.

Indonesia adalah salah satu penghasil sutera terbaik di dunia. Serat protein alami ini dapat ditenun dan banyak dijadikan produk-produk tekstil yang bernilai tinggi. Keunikan dari produk sutera adalah teksturnya yang halus dan lembut namun tidak begitu licin. Teksturnya yang berkilauan juga menjadi daya tarik utama dari kain sutera, kilau ini ternyata berasal dari struktur mirip prisma dalam serat-seratnya yang bisa membiaskan cahaya dari berbagai sudut.     

Di desa Pakanna, kabupaten Wajo Provinsi Sulawesi Selatan, proses pembuatan kain sutera telah lama menjadi daya tarik bagi wisatawan yang datang berkunjung. Di daerah ini, bahan sutera tumbuh dan berkembang karena peminatnya bukan hanya kalangan wanita, tapi juga para pria. Pada tiap acara lokal seperti pesta adat dan pernikahan, baik kaum pria dan wanitanya sama-sama mengenakan sutera. Bukan hanya proses pembuatan, di Wajo juga banyak terdapat showroom yang menjual berbagai macam hasil tenun sutra sehingga daerah ini juga dijuluki “kampung sutera”.

Ada sekitar 4.982 perajin dengan jumlah produksi sekitar 99.640 sarung per tahun. Perajin-perajin ini juga mengerjakan produk sutera dengan ATBM atau Alat Tenun Bukan Mesin dengan produksi sekitar 1.589.000 meter kain sutera per tahun. Hasil produksi ini juga didukung oleh 301 kepala keluarga yang bergerak di bidang penanaman murbei dan pemeliharaan ulat sutera.


No Comment Yet