A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

BIANG INOVASI

Seribu Manfaat Bambu

Pada masa perjuangan melawan penjajah dahulu, bambu menjadi material yang ikut menentukan kemerdekaan rakyat Indonesia. Sifat batangnya yang kuat, fleksibel dan mudah didapatkan di mana saja membuat bambu menjadi senjata andalan para pejuang perang Indonesia. Kini saat Indonesia telah merdeka, bambu seakan menjadi bahan baku yang “tersingkirkan”, padahal selain bisa dimanfaatkan sebagai perlengkapan rumah tangga, masih banyak manfaat lain yang bisa diambil dari sebilah bambu.

Bambu sebenarnya adalah tanaman dari jenis rumput-rumputan dengan rongga dan ruas di bagian batangnya. Bambu yang di Indonesia di sebut buluh, aur atau eru, merupakan salah satu tanaman dengan pertumbuhan paling cepat karena punya sistem rhizoma-dependen yang unik. Ini membuat tanaman bambu yang banyak dibudidayakan di daerah Jawa Barat ini dapat tumbuh sepanjang 60 cm hanya dalam waktu sehari. Karena laju pertumbuhannya yang tinggi, saat tanaman ini dipanen maka bambu akan tumbuh kembali dengan cepat sehingga tidak mengganggu ekosistem.

Bambu jelas memiliki banyak sekali kegunaan. Beragam barang rumah tangga seperti keranjang, kipas, caping, semua dibuat dari bambu. Beberapa alat musik seperti angklung dan suling juga menggunakan bambu sebagai bahan bakunya. Bambu juga merupakan material konstruksi rumah yang masih digunakan di pedesaan Jawa dan Sunda. Bahkan, bambu yang berkualitas baik bisa lebih kuat daripada baja.

Di dunia santapan nusantara, tunas bambu yang masih muda bisa menjadi menu kuliner yang unik, baik sebagai sayur gulai, campuran sayur lodeh, maupun isian lumpia. Sebelum diolah, tunas bambu harus dicuci bersih dan direbus untuk menghilangkan senyawa toksin yang melekat.

Selain itu, getah dari batang bambu muda yang disadap saat musim hujan bisa diolah menjadi minuman tradisional, daunnya juga bisa dipakai sebagai pembungkus makanan. Bagian dalam batang bambu yang sudah tua biasanya digunakan sebagai alat memasak di beberapa negara Asia, termasuk Indonesia. Bahkan memasak makanan di dalam bambu dipercaya menghasilkan rasa yang berbeda.


No Comment Yet