A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

BIANG INOVASI

Sorgum, Serealia Kaya Manfaat

Pertumbuhan jumlah penduduk dengan kecepatan yang luar biasa dibarengi dengan berkurangnya lahan untuk bercocok tanam, membuat bumi kita bersiap menghadapi masalah baru : kelaparan. Mau tidak mau, komoditas-komoditas pangan alternatif harus di optimalkan untuk memberi makan sekitar 7,2 milyar penduduk bumi saat ini. Sorgum adalah salah satunya.

Sorgum adalah jenis komoditas serealia yang menarik untuk diteliti lebih lanjut. Karakter tanamannya kuat, tahan kering dan yang paling penting mempunyai tingkat kegagalan produksi yang rendah. Di Indonesia, khususnya Bali sorgum dikenal dengan nama "jagung gimbal". Masyarakat Bali biasanya mengolah biiji sorgum menjadi tepung yang siap diolah jadi aneka jajanan khas Bali.

Menurut penelitian dari Badan Litbang Pertanian Kementerian Pertanian, tepung biji sorgum ini mempunyai kandungan yang tidak kalah baik dibandingkan serealia lain yang sudah umum seperti gandum dan jagung. Sorgum mengandung tiga jenis karbohidrat yaitu pati, gula terlarut dan serat.

Keunggulan lain dari sorgum ini adalah tepung yang dihasilkannya termasuk gluten free dan memiliki angka glikemik index yang rendah. Bukan hanya itu, senyawa fenolik dari sorgum diketahui mengandung anti oksidan dan anti tumor yang bisa menghambat perkembangan berbagai penyakit berbahaya. Dengan begitu, tepung sorgum bisa menjadi alternatif pangan yang selain mengenyangkan, juga sangat sehat.  

Source: en.litbang.pertanian.go.id


No Comment Yet