A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

BIANG INOVASI

Sukabumi Clay

Tanah liat adalah bahan utama pembuat keramik dan kerajinan gerabah yang banyak dibuat oleh industri maupun seniman-seniman keramik di Indonesia. Tanah liat dihasilkan oleh alam, yang bersal dari pelapukan kerak bumi yang sebagian besar  tersusun oleh batuan feldspatik, terdiri dari batuan granit dan batuan beku. Kerak bumi terdiri dari unsur unsur seperti silikon, oksigen, dan aluminium. Aktivitas panas bumi membuat pelapukan batuan silika oleh asam karbonat lalu membentuk terjadinya tanah liat.

Tanah liat dengan kualitas baik banyak ditemukan di daerah Sukabumi, Jawa Barat. Tanah liat atau yang biasa disebut lempung ini punya ciri-ciri yaitu:

1. Sulit menyerap air sehingga tidak cocok untuk dijadikan lahan pertanian.
2. Tekstur tanahnya cenderung lengket bila dalam keadaan basah dan kuat menyatu antara butiran tanah yang satu dengan lainnya.
3. Dalam keadaan kering, butiran tanahnya terpecah-pecah secara halus.
4. Merupakan bahan baku pembuatan tembikar dan kerajinan tangan lainnya yang dalam pembuatannya harus dibakar dengan suhu di atas 10000 Celcius.

Kerajinan yang terbuat dari bahan tanah liat biasa dikenal orang dengan kerajinan keramik. Asal kata keramik adalah keramos (bahasa Yunani) yang artinya benda pecah belah yang terbentuk dari tanah liat dan telah mengalami proses pembakaran. Selain sebagai karya seni, di Indonesia tanah liat juga dijadikan bahan pembuatan batu bata dan genteng. Kerajinan keramik Indonesia mempunyai keindahan dan keunikan yang kental akan corak budaya sehingga banyak digemari di mancanegara.


No Comment Yet