A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

BIANG INOVASI

Yang Berkilau dari Kota Gede

Tidak reaktif, lunak dan sangat reflektif adalah tiga sifat utama perak yang menjadikannya sangat cocok untuk baham utama perhiasan. Tidak reaktif, artinya tidak bereaksi dengan udara atau air membuat kilau perak bisa bertahan lama. Lunak dan mudah ditempa, maka perak bebas dengan mudah dibentuk, dan reflektif membuat kilau logam perak bisa mempesona  banyak mata.

Perak telah digunakan sejak dahulu sebagai bahan pembuat perhiasan dan peralatan lain, termasuk koin untuk mata uang negara tertentu. Konduktivitasnya yang sangat baik membuat perak lazim digunakan dalam industri elektronik. Meski banyak ditambang di Amerika, namun daerah istimewa Yogyakarta juga punya daerah kerajinan perak yang begitu terkenal, yaitu di Kota Gede.

Kawasan Kota Gede awalnya merupakan lokasi dimana Panembahan Senopati, pendiri kerajaan Mataram mendirikan istananya pada tahun 1575. Kini Kota Gede terkenal sebagai pusat industri perak di Yogyakarta. Di sana terdapat banyak workshop dimana pengunjung bisa berhenti dan melihat-lihat bagaimana perak dibentuk menjadi pajangan dan perhiasan yang indah dan sangat bernilai.

Meskipun ciri-ciri perak di setiap wilayah di dunia adalah sama, namun kerajinan perak asli Kota Gede punya ciri khas yang unik yaitu berbentuk relief dengan warna-warna hitam dan putih yang kontras. Dengan kepiawaian para perajinnya, perak dari Kota Gede  bisa diubah menjadi kerajinan-kerajinan seperti gelang, kalung, cincin, bros dan berbagai aksesoris indah lainnya.


No Comment Yet