A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

BIANG INOVASI

WALL OF IDEAS

Posted: Jul, 11th 2014

Inovasi Tempat Sampah di Perkotaan

Salah satu masalah yang sering ditemui di perkotaan adalah soal pengelolaan sampah. Seringkali kita lihat banyak sekali sampah yang terbuang di sudut-sudut trotoar atau di dalam saluran air. Pemandangan seperti itu tentu sangat tidak enak dilihat dan mengurangi kenyamanan bagi para pejalan kaki.

Diperlukan usaha ekstra untuk mengubah kebiasaan orang agar mau membuang sampah pada tempatnya. Mengubah perilaku tidak hanya bisa dilakukan seorang psikolog lho, tetapi juga bisa dilakukan oleh seorang desainer. Caranya? Dengan membuat inovasi untuk tempat pembuangan sampah.

Salah satu inovasi yang bisa diterapkan adalah konsep tempat sampah berikut;

Tempat sampah ini memiliki sensor kamera yang dilengkapi speaker di bagian dalam. Jadi, setiap orang yang membuang sampah di tempat sampah ini, akan dibalas dengan ucapan ramah berbunyi "Terima Kasih" yang keluar dari speaker di dalamnya. Jika yang membuang sampah adalah seorang pria, maka ucapan terima kasih akan menggunakan suara wanita, begitupun sebaliknya.

Bentuk penghargaan kecil seperti ini diharapkan bisa membantu mengubah perilaku seseorang untuk selalu membuang sampah pada tempatnya. Lagipula, siapa yang tidak senang jika memiliki kota yang nyaman dan bersih.

Bagaimana pendapat Anda?

Jika Anda memiliki ide inovasi tempat sampah lain yang bisa membuat orang mau membuang sampah pada tempatnya, tuliskan di kolom komentar berikut ini.

Punya ide menarik untuk mengembangkan inovasi di atas? Ayo share ide kamu sekarang


Bintang Putra Damaryani

Posted: Jan, 10th 2015

Bagaimana jika kita membuat sebuah tempat sampah , yang apabila seseorang memasukkan sampah dapat ditukar dengan permen dari tempat sampah tersebut. Banyak anak kecil pasti yang akan berlomba lomba memasukkan sampah . Memang kelihatannya kecil , tapi mungkin dampaknya akan besar

Bernard David Tamzil

Posted: Jan, 10th 2015

Tapi.. bukankah tempat sampah seperti ini membutuhkan koneksi listrik dan biaya produksi yang tidak sedikit?

deni gendut

Posted: Jan, 06th 2015

bagaimana kalo suara dari speaker sampah tersebut lebih di kembangkan lagi.. semisal ada penambahan kata "Terima kasih anda telah membuang sampah pada tempatnya, anda telah berpartisipasi dalam mewujudkan negara Indonesia Bersih dan Rapi" begitu..

muhammad ainuddin altif

Posted: Jan, 04th 2015

bisa juga tong sampahnya dilengkapi alat yg bisa membuat sampah itu menjadi pupuk organik brayy, lalu pupuknya bisa diambil gratis, hehe apa gak dicuri orang kalo di tempatkan pada tempat umum.

tri ananta thomas hasta

Posted: Dec, 23rd 2014

sangat innovatif tp kurang efektif mengingat budaya bangsa ini yg sangat jauh dari disiplin.hal awal yg harus dilakukan adalah memperbaiki budaya buang sampah pada tempatx...kalo budaya buang sampahx ud bagus baru kita bisa mengaplikasikan hal semacam ini..kalo ide saya adalah menempatkan petugas2 khusus ditempat tempat yg disinyalir sebagai tempat sampah dadakan...sanksi yang tegas...awal menjadi bangsa yg maju dan modern adalah harus menjadi bangsa yang bersih...bersih dari apapun tidak terkecuali sampah....thanks

fairuz ayu jilan khalishah ariani

Posted: Dec, 22nd 2014

Hmm... Kalau ide aku, mengganti tempat sampah di perkotaan dengan gambar yang menarik seperti grafiti, dan hampir sama dengan tempat sampah diatas, terdapat sensor kamera dan speaker di bagian dalam, akan tetapi bunyi tempat sampah tersebut bukan kata terima kasih, tetapi bunyi musik beat box.. Dan masing2 tempat sampah yang berjejer bunyinya tidak sama, misalnya saja tempat sampah di sebelah kanan berbunyi 'bum' berarti kita pasang bunyi 'ces' di sebelah kiri, (beda bunyi satu tema) tujuannya agar masyarakat tidak bosan2nya membuang sampah pada tempatnya, jika tempat sampah mengeluarkan bunyi yang sama di setiap tempat seperti ''terima kasih'' lama kelamaan masyarakat juga akan bosan karena kata2 terima kasih terlalu sering di gunakan dan terlalu formal. Selain mengeluarkan bunyi menarik, anak muda juga bisa berkreatifitas membuat nadanya sendiri dengan cara membuang sampah pada tempatnya. Konsepnya hampir sama dengan tangga piano di negara luar, akan tetapi kita ganti bunyi tersebut dengan bunyi beat box agar lebih nyaman didengar dan jikalau ada orang yang membuang sampah di sebelah kiri dan kanan secara bersamaan, bunyi tersebut dapat tersusun dengan rapi (kalau piano, bunyinya pasti udah berantakan) Jangan membuat peraturan, buat orang itu mau melakukannya tanpa peraturan, yaitu pake cara kreatif. Semua orang juga suka musik, kan? Makanya saya buat ide yang berhubungan dengan musik, sekaligus dapat membuat lingkungan bersih dan menambah kreatifitas kaum muda (dengan cara membuat nada sendiri menggunakan nada yang sudah disediakan) ini nih.. Ideku, tempat sampah grafity berbunyi beat box dan satu tempat sampah bunyinya beda sama tempat sampah laenn... Membuat orang ingin membuang sampah setiap hari, tanpa menggunakan peraturan yang mengekang.

Muhaimin

Posted: Dec, 22nd 2014

buanglah sampah pada tempatnya? tempatnya di mana ? ( di laut,sungai,got-got, atau trotoar) sebenarnya penduduk asli kota (jakarta) merupakan penduduk asli desa yang migran untuk bekerja yang lebih baik, kita kembali kedesa dulu.....orang desa mereka belum mengerti tentang istilah di atas, membuang sampah pada tempatnya, entah tempat sampah sperti di atas bisa membuat sadar atau tidak. karna apa orang desa yang kekota pasti membawa kebiasaan membuang sampah rumah dan sampah toko kesungai /laut atau membakarnya, sehingga tanamlah kesdaran itu mulai dari desa...supanya mereka tidak membuang sampah ketempat yang salah, pemerintah bisa membuat penimbunan sampah disetiap desa/ 4 desa sehingga mereka mengerti kalo buang sampah ke sungai/laut itu salah, mungkin dengan adanya ini anak2 yang sering meniru kebiasaan orang tua membuang sampah di sungai tidak lagi ditiru oleh anak2 mereka, mungkin 5 tahun kedepan indonesia bersih dari sampah2 yang berceceran nth didesa ataupun kota jakarta yang menjadi imbas dari prilaku/kebiasaan salah penduduk desa.

candra agung dwi atmaja

Posted: Dec, 21st 2014

bagus tuh ,, lanjut bray :)

putu

Posted: Dec, 21st 2014

smart idea...lanjutkan!!

GALIH ASGU KHOLIK

Posted: Dec, 21st 2014

Mantap banget, tapi bagus lagi kalau dikasih suara respon ketika mau membuangnya, kayaknya lebih keren.

Bronardhe Candra Rizqy

Posted: Dec, 12th 2014

super sekali ide nya

Bronardhe Candra Rizqy

Posted: Dec, 12th 2014

Saya memiliki ide inovasi untuk tempat sampah, dengan meletakkan sensor dan rekaman suara didalam tong sampah. Hal pertama adalah meletakkan sensor didalam tong sampah, kemudian letakkan rekaman suara didalam tong sampah tepatnya di atap atas dalam tong sampah. sensor akan mendeteksi sampah yang dibuang kedalam tempat sampah oleh masyarakat. Rekaman suara sudah diisi dengan rekaman benda yang jatuh dari ketinggian yang sangat tinggi. Jika ada yang membuang sampah ke dalam tempat sampah, sensor akan menangkap dan rekaman suara aka mengeluarkan suara yang sudah di set tadi. Rekaman di set dengan volume yang keras agar terdengar oleh orang sekitar. sampah yang dibuang kedalam tempat sampah akan berbunyi seolah-olah tong sampah tersebut memiliki dasar yang sangat jauh atau dasar yang dalam, sehingga orang akan merasa penasaran dengan suara tersebut dan secara tidak sengaja akan mencari sampah lain yg berserakan dan memasukkan nya kembali kedalam tong sampah untuk mendengarkan suara dari dalam tempat sampah itu. Ide sederhana seperti ini secara tidak sengaja akan mengubah prilaku seseorang untuk membuang sampah sembarangan, bahkan orang tersebut akan mencari sampah lain dan membuangnya kedalam tong sampah itu sebagai rasa penasaran mereka atas bunyi yang ditimbulkan tong sampah. Dengan begini orang-orang akan berlomba membuang sampah di tempah sampah agar bisa mendengarkan suara yang ditimbulkan tempat sampah tersebut. Secara tidak sengaja mereka membuat lingkungan menjadi bersih dan mengubah prilaku untuk selalu membuang sampah pada tempatnya. Selamat berbagi ide

Bondan Ari Bowo

Posted: Dec, 12th 2014

kalo bisa terdapat pengolahan sampah yang merubah bau sampah menjadi bau wangi yang disukai banyak orang

tatanx acto

Posted: Dec, 12th 2014

ide yang cukup menarik tetapi alangkah lebih baik membuat sensor yang lebih canggih yaitu "sensor pembeda sampah organik/basah dan anorganik/kering" karena orang pada umumnya lupa kepada jenis sampah bahkan terkadang tulisannya yg cukup membingungkan seperti ada orang ingin membuang botol plastik minumannya tetapi masih ada air dan di hadapannya ada 2 tempat sampah yang bertuliskan sampah kering di kiri dan sampah basah di kanan, mungkin dia minumnya kurang atau ga fokus akhirnya dibuang ke sampah basah padahal yg dimaksud sampah basah itu sampah organik, dari cerita tersebut setidaknya kita tidak menimbun semua sampah melainkan di daur ulang seperti plastik di lelehkan dan dibentuk kembali dan yg organik menjadi pupuk kompos jadi dengan sensor pembeda sampah memang sangat membantu tukang sampah juga dan lebih cepat kita mendaur ulang

Tri Wibisono Sungkono

Posted: Dec, 12th 2014

tambahkan alat penghancur di dalamnya.

cayurhaceum

Posted: Dec, 12th 2014

ucapan terima kasih tidak akan berpengaruh lama sebelum akhirnya orang-orang sudah terbiasa/bosan dan akhirnya diabaikan. saya memikirkan sesuatu yang random tapi juga memancing rasa penasaran, misalnya seperti pesan yang ada di dalam fortune cookies. jadi setiap ada yang memasukkan sampah, maka tempat sampah akan mengeluarkan pesan (text atau suara) yang berisi bisa tentang apa saja; mulai dari ramalan percintaan, horoscope, joke, sampai politik. dan tentu saja termasuk ucapan terima kasih.

niko darmawan

Posted: Dec, 12th 2014

Dari coment yang sudah ada semua hampir dengan pemikiran saya dan memang penting untuk penggolongan sampah sesuai kriteria seperti organik anorganik dan B3 mungkin dibedakan dari warna tempat sampah atau yang keren lagi jika dengan suara. untuk yang lain sudah keren banget

Heri

Posted: Dec, 12th 2014

ide saya agar tong sampah ini ditambah program untuk memebdeakan benda lain, manusia yang hanya sekedar lewat dan manusia yang ingin membuang sampah. sehingga jika ada benda lain atau manusia yang hanya sekedar lewat tong sampah tidak membuka tutup nya

obi

Posted: Dec, 11th 2014

ini idenya mirip fun theorynya VW. bisa dilihat di youtubenya disini https://www.youtube.com/watch?v=tcrhp-IWK2w

firmansyah putra pratama

Posted: Dec, 11th 2014

Sebenarnya ide tentang tempat sampah kreatif sudah pernah dibuat beberapa tahun lalu sekitar tahun 2008 oleh mahasiswa di surabaya dan sasarannya pembelajaran sejak dini anak-anak untuk membuang sampah pada tempatnya. Konsepnya lebih komplekskompleks, Selain mengeluarkan suara, terdapat sensor gerak yang mendeteksi jika ada gerakan tepat didepan tempat sampah akan membuka dengan sendirinya dan juga bisa membedakan sekaligus menggolongkan, memilah jenis sampah kering dan basah lalu ditempatkan wadah yang berbeda Pernah mendapatkan penghargaan inovasi kampus Tapi..... Inovasi tetap jadi inovasi prototype sekarang entah kemana.

Livachma

Posted: Dec, 11th 2014

kalo menurut saya dengan basic yang dilatari film action, selain terimakasih, orang akan sangat tertarik dengan hadiah. ide saya cukup rumit karna basic yang telah saya sebutkan. jadi ketika ada yg membuang sampah, otomatis akan ada "upah" dalam bentuk apapun ke si pembuang. kalo menurut bayangan saya sih, si pembuang akan dikasih minuman dari pancuran gitu. maaf kalau terlalu berkhayal

Legga

Posted: Dec, 10th 2014

Keren juga nih ide. Rencananya tempat sampah ini mau diletakkan di dalam ruangan atau luar ruangan(ruang publik)? Kalau diletakkan diruang publik takutnya baru sehari besoknya sudah rusak atau hilang. Apa mungkin sudah dipikirkan untuk mengantisipasi keadaan tersebut?